[MATSAMA] CARA BELAJAR EFEKTIF

Ada 1 hal yang selalu dilakukan oleh semua orang, baik dari sejak bayi, anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua sekalipun, yaitu BELAJARUdah belajarkah kamu hari ini?  Kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara belajar yang efektif. Dikutip dari video dari Channel Youtube Kak Merry Riyana dijelaskan ada 5 cara belajar yang efektif. Lalu apa saja 5 cara tersebut ? berikut sedikit penjelasannya :

5 CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

1. Mindset/Cara Berpkir Yang Benar

Ketika kalian akan berolahraga tentunya perlu melakukan persiapan/pemanasan terlebih dahulu, begitu pula dengan belajar. Sebelum belajar kita harus mempersiapkan mindset/cara berpikir kita. Pikiran kamu harus dibenarkan dulu, bagaikan gelas kosong yang siap diisi air, pikiran kamu pun harus terbuka.        Jangan belum apa-apa sudah antipati duluan dengan apa yang kamu pelajari. Jangan belum apa-apa sudah bilang “ah…. udah tau” , “ah…. gak perlu” dan lain sebagainya. Kalau sebelum belajar kamu berpikiran seperti itu maka dipastikan semua pembelajaran tidak dapat kalian terima dengan baik. Ingat…. dengan mindset yang benar kalian pun bisa belajar dengan benar.

2. Guru Yang Benar

Tidak mungkin kalian belajar memasak kepada seorang montir atau yang lainnya, makaBelajarlah dari guru yang benar-benar mengerti, belajarlah dari orang-orang yang pernah melakukan apa yang kamu pelajari dan ingin kamu kuasai.

3. Waktu Yang Benar

Belajar juga butuh yang namanya waktu. Pikiran kita pun juga butuh waktu jeda/istirahat untuk mencerna apa yang kita pelajari. Meskipun ada istilah “Sistem Kebut Semalam (SKS)” atau “The Power of Kepepet”Tapi sebenarnya belajar harus dijadikan sebuah kebiasaan. Seperti halanya mandi, mungkin gak kita mandi selama 5 jam tapi setelah itu kita tidak mandi lagi selama 1 bulan, tentunya kita pasti merasa risih. Belajar pun juga seperti itu harus dijadikan kebiasaan sehari-hari. Jangan sampai kita belajar selama 5 jam lebih dan selama 1 bulan kita tidak belajar lagi, tentunya belajar tidak jadi efisien dan mendapatkan hasil yang maksimal.  Jadi intinya kita tidak perlu terlalu lama untuk belajar, tapi jadikan belajar itu suatu kegiatan yang rutin kita lakukan sehari-hari seperti halnya mandi, makan dll.

4. Cara Yang Benar

Secara garis besar dalam belajar ada 3 tipe orang, yaitu :

  1. Visual : bisa menyerap informasi secara maksimal dengan apa dibaca maupun dilihat.
  2. Auditory : menyerap informasi secara maksimal dengan apa yang mereka dengar
  3. Kinestetik : menyerap informasi secara maksimal dengan cara dicontohkan, dipraktekan ataupun membayangkan terlebih dahulu.

Nah… kamu harus tau, kamu termasuk tipe orang yang mana dan bagaimana cara yang paling cocok untuk kamu belajar sehingga kamu dapat menggunakan cara tersebut dengan tepat.

5. Lingkungan yang benar

Ada orang yang suka belajar dalam ketenangan, ada orang yang suka belajar dengan mendengarkan musik. Ada juga orang yang suka belajar sendirian dan ada juga orang suka belajar secara berkelompok/diskusi. Semua cara tersebut sah-sah saja. Bagaimanapun cara kamu belajar yang penting adalah kamu bisa belajar dengan efektif dan efisien. Dan yang paling penting, pastikan kamu berada dilingkungan yang positif, karena dengan siapa kamu bergaul saat ini, itu akan menentukan masa depan kamu.  Itu tadi 5 cara belajar yang efektif menurut  Kak Merry Riyana, supaya lebih jelas yuk kita simak videonya dibawah ini. 

[MATSAMA] CARA BELAJAR EFEKTIF
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas