Cara Memperbaiki Data NISN Mandiri oleh Siswa

Pengertian NISN

Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Karena pentingnya data NISN yang akan terus digunakan selama menjadi siswa, maupun saat mendaftar di Perguruan Tinggi, maka data identitas yang ada sebisa mungkin disesuaikan dengan data-data yang sebenarnya. Kali ini admin akan membagikan informasi/tutorial Cara Memperbaiki Data NISN Mandiri oleh Siswa. Silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara memperbaiki data NISN secara mandiri

1. Persiapan Data

Sebelum melakukan perbaikan NISN data-data berikut ini perlu kalian persiapakan terlebih dahulu. diantaranya :

  1. Data NISN, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung dari website Vervalpd, mintalah data tersebut kepada operator Dapodik/EMIS di sekolah/madrasah kalian.
  2. NPSN Sekolah/Madrasah, bisa didapatkan dari pihak sekolah/madrasah kalian.
  3. Kartu Keluarga (KK), Data yang akan diperbaiki harus disesuaikan dengan data yang ada di Kartu Keluarga (KK), terutama data NIK.

2. Cara Memperbaiki Data NISN

  1. Kunjungi website : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/, kemudian masukan NISN dan nama ibu kandung yang sudah didapatkan dari operator verval pd di sekolah kalian. Setelah itu centang re-Captcha dan klik cari data. lihat gambar dibawah ini.
  1. Jika data pencarian yang dimasukan sudah benar maka akan muncul formulir perbaikan data. Kemudian Masukan NPSN Sekolah, Tanggal Lahir dan Nomor induk Kependudukan (NIK). Pastikan data NIK sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK). Setelah itu centang re-Captcha dan klik cari data. lihat gambar dibawah ini.
  1. Kemudian akan muncul Formulir yang berisi data pribadi kalian, Isi dan perbaiki semua data yang ada, pastikan NIK sudah sesuai dengan Kartu Keluarga (KK). Centang kotak di bawah nama orang tua kalian, jika ayah/ibu kandung sudah meninggal dan tidak perlu memasukan NIK ayah/ibu kalian yang sudah meninggal tersebut. Setelah semua data dirasa benar silahkan klik tombol “Klik disini untuk validasi data“.
  1. Jika NIK dan data identitas kalian sudah terdaftar di data induk DUKCAPIL, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Kemudian Centang kotak persetujuan, dan Klik tombol “Klik disini untuk melkakukan pengajuan perubahan data“.
  1. Setelah mengirim pengajuan perubahan data. maka di bawah akan muncul daftar pengajuan perbaikan kalian. Status “dalam proses” berarti masih menunggu persetujuan oleh pihak sekolah/madrasah. Jika sudah disetujui maka status nya akan berubah menjadi “disetujui“. Bisa dilihat digambar berikut :
Status dalam Proses Persetujuan
Status Disetujui

CATATAN: Jika NIK kalian atau NIK orang tua sudah sesuai dengan yang ada di Kartu Keluarga (KK) namun di aplikasi ada keterangan NIK tidak di temukan silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Bagaimana mudah kan memeperbaiki data NISN secara mandiri?

Itulah informasi mengenai cara memperbaiki data NISN secara mandiri, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi siswa maupun orang tua.

Silahkan bagikan informasi ini di media sosial maupun kepada teman atau saudara kalian yang membutuhkan. Terima kasih.

Cara Memperbaiki Data NISN Mandiri oleh Siswa
Bagikan :

Satu tanggapan pada “Cara Memperbaiki Data NISN Mandiri oleh Siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas